Pengaruh Video Tutorial Make Up dan Beauty Vlogger Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Kecantikan Pada Mahasiswa Tata Rias Universitas Negeri Padang

Fonna Felania, Linda Rosalina, Rahmi Oktarina

Abstract


iMenonton ivideo ivlog ibeauty ivlogger, ikita idapat imemahami isebagai isuatu ikekuatan iyang imendukung isuatu ipendapat iatau isuatu isikap iindividu idalam imenanggapi iisi ipesan iyang idisampaikan idari ivideo ivlog ibeauty ivlogger, iseperti idalam imembeli isuatu iproduk ikosmetik, ikonsumen iakan imembandingkan iantara iproduk iyang isatu idengan iproduk iyang ilainnya idan iakan ilebih ibanyak imemberikan iperhatian ipada iproduk iyang imemberikan imanfaat. Penelitian iini ibertujuan iuntuk ia) iMengetahui ipengaruh ivideo itutorial imake iup iterhadap iketertarikan imahasiswa iTata iRias ipada ikosmetik ikecantikan, ib) iMengetahui ipengaruh ibeauty ivlogger iterhadap iketertarikan imahasiswa iTata iRias ipada ikosmetik ikecantikan, idan ic) iMengetahui ipengaruh ivideo itutorial imake iup idan ibeauty ivlogger ipada imahasiswa iTata iRias iterhadap ikeputusan ipembelian ikosmetik ikecantikan. Penelitian iini imenggunakan imetode Ex ipost iFacto. iPopulasi ipenelitian iini iadalah i104 iorang iMahasiswa iTata iRias idan iKecantikan iFakultas iPariwisata idan iPerhotelan iUniversitas iNegeri iPadang iangkatan i2018dengansampelsebanyak i51 iorang. iTeknik ipengambilan isampel iadalah imetode itotal isampling. iTeknik ianalisa idata ideskriptif idengan imenampilkan istatistik idan ifrekuensi serta iuji iregresi ilinear iberganda. Berdasarkan ihasil ipenelitian idiperoleh iterdapat ipengaruh iantara ivideo itutorial imake iup i(X1) iterhadap ikeputusan ipembelian ikosmetik i(Y) idengan inilai ithitung i2,146 i> ittabel i2,010, iberarti iHa iditerima idan iH0 iditolak, iterdapat ipengaruh iantara ibeauty ivlogger i(X2) iterhadap ikeputusan ipembelian ikosmetik i(Y) idengan inilai ithitung6,422> ittabel i2,010, iberarti iHa iditerima idan iH0 iditolak, idan ivideo itutorial imake iup i(X1)dan ibeauty ivlogger i(X2) ibersama-sama iberpengaruhterhadap ikeputusan ipembelian ikosmetik ikecantikan ipada imahasiswa iTata iRias iUniverstas iNegeri iPadang idengan inilai iFhitung> iFtabel iyaitu i86,530>4,04. iHal iini iberarti iH0 iditolak idan iHa iditerima

Keywords


video tutorial make up, beauty vlogger,keputusan pembelian kosmetik

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24036/jitrk.v4i1.95

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Indexed by


Creative Commons License

Jurnal Tata Rias dan Kecantikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Copyright © Universitas Negeri Padang. All rights reserved. e- ISSN 2714-5433