PENGARUH TAYANGAN YOUTUBE BEAUTY VLOGGER TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF KOSMETIK PADA MAHASISWI JURUSAN TATA RIAS DAN KECANTIKAN UNIVERSITAS NEGERI PADANG

Elsik Trisna Susanti, Linda Rosalina

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya tayangan YouTubebeauty vlogger yang dapat mempengaruhi mahasiswi berperilaku konsumtif kosmetik. Hal tersebut dilihat dari perilaku mahasiswi yang sering membeli produk kosmetik dengan fungsi sama namun merk yang berbeda-beda, menjadikan kosmetik sebagai kebutuhan primer, selain itu mahasiswi juga sering membeli kosmetik baru sedangkan masih memiliki kosmetik yang belum habis pakai. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh tayangan YouTube beauty vlogger terhadap perilaku konsumtif kosmetik pada mahasiswi Jurusan Tata Rias Dan Kecantikan Universitas Negeri Padang.

Jenis Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswi Jurusan Tata Rias Dan Kecantikan Universitas Negeri Padang  angkatan 2017 dan 2018 sebanyak 239.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner (angket) dengan skala likert yang telah teruji validitas dan reliabilitasnya.Teknik yang digunakan Propotionate Stratified random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 60.Selanjutnya data dianalisis melalui tingkat pencapaian responden, uji regresi sederhana dan uji t.

Hasil penelitian Tingkat pencapaian responden tayangan YouTube beauty vloggersebesar 87,98% dengan kategori tinggi.Tingkat pencapaian responden perilaku konsumtif kosmetik pada mahasiswi Jurusan Tata Rias dan Kecantikan Universitas Negeri Padang sebesar 88,8% dengan kategori tinggi.Terdapat pengaruh positif dan  signifikan pada tayangan youtube beauty vlogger  terhadap  perilaku  konsumtif kosmetik mahasiswi Tata Rias dan Kecantikan Universitas Negeri Padang pada taraf signifikan 5% dengan nilai7.654 >  2.001, artinya hipotesa Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian ini, saran kepada mahasiswi jurusan Tata Rias dan Kecantikan Universitas Negeri Padang agar memanfaatkan teknologi seperti tayangan YouTubebeauty vlogger sebagai wadah edukasi yang baik dan memperhatikan perilaku konsumtif pada penggunaan kosmetik.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24036/.v2i2.44

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Indexed by


Creative Commons License

Jurnal Tata Rias dan Kecantikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Copyright © Universitas Negeri Padang. All rights reserved. e- ISSN 2714-5433