PERBANDINGAN PEWARNA BUATAN DAN PEWARNA ALAMI BUAH TERONG BELANDA TERHADAP HASIL RIAS KARAKTER EFEK LUKA

Adha Kurnia Sari, Hayatunnufus Hayatunnufus

Abstract


Rias karakter dalam penelitian ini menggunakan bahan alternatif buah terong belanda sebagai pengganti efek darah pada rias karakter efek luka tusuk dengan hasil yang lebih baik dilihat dari kesesuaian warna, bentuk menyerupai dan daya tahan. Penelitian ini bertujuan untuk 1) menganalisis bagaimana hasil rias karakter efek luka tusuk dengan menggunakan pewarna buatan, 2) menganalisis bagaimana hasil rias karakter efek luka tusuk dengan menggunakan pewarna alami buah terong belanda, 3) menganalisis bagaimana perbandingan hasil rias karakter efek luka tusuk dengan menggunakan pewarna buatan dan pewarna alami  buah terong belanda.

Metode penelitian menggunakan metode eksperimen yaitu penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen). Jenis data penelitan ini adalah data primer dengan sumber data 8 (delapan) orang panelis. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, dokumentasi dan instrumen. Langkah-langkah untuk menganalisis data adalah uji persyaratan analisis dan uji hipotesis.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil tata rias karakter efek luka tusuk menggunakan pewarna buatan dengan indikator dari aspek warna menunjukkan rata-rata 2.87 kategori baik, kekentalan menunjukkan rata-rata 3.62 kategori sangat baik dan dari aspek daya lekat/ketahanan menunjukkan rata-rata 3.62 kategori baik. Hasil tata rias karakter efek luka tusuk menggunakan pewarna alami buah terong belanda dengan indikator dari aspek warna menunjukkan rata-rata 3.83 kategori sangat baik, kekentalan menunjukkan rata-rata 2.62 kategori baik dan dari aspek daya lekat/ketahanan menunjukkan rata-rata 2.12 kategori cukup baik. Terdapat perbandingan warna, kekentalan dan daya lekat/ketahanan dari pengaplikasian pewarna buatan dan pewarna alami buah terong belanda pada rias karakter luka tusuk pada mahasiswa tata rias dan kecantikan di Universitas Negeri Padang. Disarankan bagi mahasiswa program studi D4 Pendidikan Tata Rias dan Kecantikan dapat menambah pengetahuan dalam melakukan rias wajah karakter khususnya untuk membuat efek darah dengan menggunakan pewarna alami buah terong belanda dan pewarna buatan.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24036/.v2i2.39

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Indexed by


Creative Commons License

Jurnal Tata Rias dan Kecantikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Copyright © Universitas Negeri Padang. All rights reserved. e- ISSN 2714-5433