ANALISIS TENTANG FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LOYALITAS PELANGGAN ARSYILA SALON & SPA DI KOTA BUKITTINGGI

Citra Melisa, Prima Minerva

Abstract


Pada zaman sekarang tidak sedikit salon kecantikan yang memiliki dan menawarkan berbagai atribut, baik pelayanan yang memuaskan, produk yang bersaing, tempat yang nyaman, promosi yang menarik dan sebagainya guna memuaskan konsumen dan mendapatkan kesetiaan konsumen. Keberlansungan perusahaan khususnya salon kecantikan bergantung pada kemampuan salon kecantikan dalam menjaga para pelanggan agar pelanggan mereka dapat loyal dengan salon kecantikan tersebut dan tidak berpindah dengan salon kecantikan yang lain. Memiliki pelanggan yang loyal adalah asset penting yang harus dijaga perusahaan agar perusahaan mereka dapat terus bersaing dengan pesaing lainnya. Penelitian ini bertujuan a) Untuk mengetahui pengaruh faktor harga terhadap loyalitas pelanggan, b) Untuk mengetahui pengaruh faktor pelayanan terhadap loyalitas pelanggan, dan c) Untuk mengetahui pengaruh faktor promosi terhadap loyalitas pelanggan.

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah para pengunjung atau pelanggan yang pernah dan masih mengunjungi Arsyila Salon & SPA yang berjumlah 74 orang. Teknik pengambilan data menggunakan angket (kuesioner) yang disesuaikan dalam bentuk  skala Likert yang telah diuji validitasnya dan reliabilitasnya. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis regresi linear berganda.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi loyalitas pelanggan yang meliputi harga, pelayanan, dan promosi secara simultan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan Arsyila Salon & SPA Kota Bukittinggi. Hal tersebut telah dibuktikan dengan hasil perhitungan Uji F bahwa H0 ditolak dan Ha diterima yang diperoleh Fhitung sebesar 4,169 hal ini menunjukkan bahwa Fhitung > Ftabel yaitu 4.169 > 3.13, yang berarti bahwa harga, pelayanan, dan promosi secara simultan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan salon kecantikan. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan agar salon kecantikan selalu mempertahankan dan lebih meningkatkan terciptanya loyalitas pelanggan yang lebih baik untuk mencapai kemajuan usaha.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24036/.v2i2.38

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Indexed by


Creative Commons License

Jurnal Tata Rias dan Kecantikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Copyright © Universitas Negeri Padang. All rights reserved. e- ISSN 2714-5433