HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN HASIL BELAJAR SISWA SMK NEGERI 7 PADANG PADA MATA PELAJARAN KELOMPOK PRODUKTIF JURUSAN TATA KECANTIKAN

Yunyza Fauzia Fitri, Hayatunnufus Hayatunnufus

Abstract


Motivasi belajar dalam proses pembelajaran dapat membuat siswa terdorong untuk mendapatkan hasil belajar yang maksimal, namun masih kurangnya keinginan siswa untuk mengerjakan tugas dengan sebaik-baiknya, saat praktek banyak siswa yang asal-asalan sehingga hal itu berdampak pada penataan rambut yang siswa kerjakan tidak rapi dan maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk a) mendeskripsikan motivasi belajar siswa, b) mendeskripsikan hasil belajar siswa c) mendeskripsikan hubungan antara motivasi belajar siswa dengan hasil belajar siswa SMK Negeri 7 Padang pada mata pelajaran kelompok produktif Jurusan Tata Kecantikan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif, penelitian dilaksanakan di SMK Negeri 7 Padang, waktu penelitian adalah bulan September sampai selesai. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI Jurusan Tata Kecantikan di SMK Negeri 7 Padang yang terdaftar pada tahun 2019/2020 berjumlah 47 orang dan keseluruhan dijadikan sampel dengan menggunakan teknik total sampling. Teknik pengambilan data adalah munggunakan angket (kuesioner) yang disesuaikan dalam bentuk skala Likert yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisa data menggunakan uji korelasi dan uji t. Berdasarkan hasil penelitian Tingkat pencapaian responden yang diuraikan di atas, maka diperoleh persentase sebesar 84,97% dengan kategori motivasi belajar siswa tinggi, rata-rata hasil belajar siswa adalah 68,36 berada pada kategori sedang dan terdapat hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar siswa kelas XI SMK Negeri 7 Padang pada mata pelajaran produktif Tata Kecantikan, artinya hipotesa Ha diterima. Disarankan bagi para siswa untuk meningkatkan hasil belajar dengan cara menumbuhkan motivasi belajar dalam diri siswa, agar tercipta rasa suka dan rasa keterikatan pada mata pelajaran produktif  Tata Kecantikan, sehingga siswa memiliki kesadaran untuk mempelajari dan memahami mata pelajaran produktif Tata Kecantikan yang akan dan telah disampaikan oleh guru dan pada akhirnya hasil belajar dapat dicapai dengan maksimal.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24036/.v2i1.28

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Indexed by


Creative Commons License

Jurnal Tata Rias dan Kecantikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Copyright © Universitas Negeri Padang. All rights reserved. e- ISSN 2714-5433